subscribe
Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif
Call Us: +6281.822.0898

APIQ Franchise

APIQ adalah usaha jasa pendidikan, spesialis matematika kreatif, dengan memiliki pasar yang sangat luas (TK, SD, SLTP dan SMU, serta Umum) dan saat ini telah mulai berkembang dengan memiliki 30 outlet di Bandung, Jakarta, Jawa, dan Sumatera. APIQ mememiliki keunikan dengan terus-menerus melakukan riset dan inovasi dalam mengembangkan pembelajaran matematika kreatif.

APIQ membuka kesempatan kerjasama seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia untuk membuka cabang APIQ dengan sistem waralaba atau franchise.

Tipe Paket Franchise

1. PAKET 90 AFILIASI
  • Franchise Fee: Rp 90.000.000 (sembilan puluh juta rupiah).
  • Royalti Fee 8,1% (delapan koma satu persen) dari pendapatan kotor per bulan.

FASILITAS:

  1. Hak penggunaan nama merk APIQ selama 5 tahun;
  2. Tool matematika kreatif;
  3. Training SDM;
  4. Paket marketing awal.
2. PAKET 117 DIGITAL
  • Franchise Fee: Rp 117.000.000 (seratus tujuhbelas juta rupiah).
  • Royalti Fee 8,1% (delapan koma satu persen) dari pendapatan kotor per bulan.

FASILITAS:

  1. Hak penggunaan nama merk APIQ selama 5 tahun;
  2. Tool matematika kreatif;
  3. Training SDM;
  4. Paket marketing awal.
  5. Kelengkapan untuk membuka kelas kursus APIQ digital dan multimedia.
3. PAKET MASTER
  • Franchise Fee: Rp 250.000.000 (duaratus limapuluh juta rupiah).
  • Bagi hasil Royalti Fee 8,1% (delapan koma satu persen) dari pendapatan kotor per bulan.

FASILITAS:

  1. Hak penggunaan nama merk APIQ selama 5 tahun;
  2. Tool matematika kreatif;
  3. Training SDM;
  4. Paket marketing awal.
  5. Hak penjualan ulang (reselling) franchise APIQ dimana Master akan memperoleh bagi hasil 50% dari penjualan franchise.

Syarat dan Ketentuan Franchise

Syarat & Ketentuan Keuangan:

Sistem kerja sama APIQ adalah sistem kerja sama sinergi dengan menggunakan hak intelektual (hak cipta, merek, produk, dan tool edukatif) APIQ dengan membayar:

  1. Partnership fee sesuai Paket Franchise – untuk jangka waktu 5 tahun, dibayarkan pada saat penandatanganan MOU Kerjasama;
  2. Royalty fee 8,1% (delapan koma satu persen) dari pendapatan kotor – dibayarkan setiap bulan.
  3. Membayar biaya survey sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk pulau Jawa dan ada penyesuaian untuk luar pulau Jawa.

Syarat & Ketentuan Operasional:

Untuk memastikan keberlangsungan usaha kantor cabang APIQ maka:

  1. Mitra siap menyediakan sarana belajar siswa meliputi lembar kerja standar, tool edukatif, APIQe digital, dan lain-lain yang bisa dibeli dari  APIQ Pusat.
  2. Mitra sanggup menyediakan tempat representatif di lokasi strategis dengan memiliki minimal 3 ruang kelas (ukuran 20 m2) dan ruang pendukung operasional lainnya seperti ruang administrasi, ruang tunggu dll.
  3. Mitra sanggup menyediakan dana modal kerja yang cukup untuk biaya pengoperasian outlet dimaksud minimal untuk 6 bulan pertama.
  4. Pengoperasian APIQ Cabang diserahkan sepenuhnya kepada mitra dengan supervisi dari APIQ Pusat. APIQ Pusat akan memberikan SOP (Standar Operating Procedure) sebagai pedoman operasionalisasi.
  5. Rekruitmen SDM dilakukan oleh APIQ Cabang dengan supervisi APIQ Pusat.
  6. Training SDM (karyawan dan guru) dilakukan oleh APIQ Pusat atas biaya mitra.
  7. APIQ Cabang didukung untuk melakukan beragam inovasi pembelajaran.
  8. APIQ Cabang, dengan difasilitasi oleh APIQ Pusat, berkolaborasi dengan cabang-cabang APIQ terdekat.
  9. APIQ Pusat mendukung pemasaran global khususnya melalui media elektronik internet. APIQ Pusat dan APIQ Cabang bersinergi melaksanakan program pemasaran bersama. APIQ Cabang berkewajiban melaksanakan pemasaran dan sales di wilayahnya.
  10. Jarak antar outlet minimal radius 2 km sampai dengan 3 km sesuai potensi market yang ada.
  11. Mitra mendapat prioritas pertama untuk perpanjangan masa kerja sama lima tahun berikutnya pada outlet yang sama. Rencana perpanjangan harus sudah dikomunikasikan minimal 6 bulan sebelum masa perjanjian berakhir. Kinerja mitra selama masa kontrak akan menjadi pertimbangan. Bahkan kinerja yang bagus dapat memperoleh bonus berupa diskon partnership fee berikutnya.
  12. Mitra berhak mengajukan bentuk kerja sama khusus kepada APIQ Pusat

Tanya Jawab Franchise

  • “Bagaimana tata cata pengajuan pembukaan cabang (franchise) kusrus mamatika APIQ?”
    Jawab: Prosedur pengajuan pembukaan cabang Kursus Matematika Kreatif APIQ adalah sbb:
     

    1. Pemohon menghubungi manajemen PT APIQ Karya Kreatif, bisa melalui email, telepon, ataupun datang langsung ke kantor. Data kontak kami bisa dilihat disini.
    2. Tim Marketing kami akan menghubungi pemohon untuk mendiskusikan berbagai hal awal pembukaan cabang, meliputi pembahasan draft MOU, survey dll.
    3. Penandatanganan MOU dan dilanjutkan penyiapan infrastruktur pembukaan cabang.
  • “Untuk tahap awal, berapa luas ruang kelas minimal, dan berapa banyak siswa yang bisa ditampung?
    Jawab: Secara prinsip luas ruangan yang dibutuhkan adalah ruangan yang cukup nyaman untuk belajar 12 siswa secara bersamaan, idealnya adalah 20m persegi. Kelas APIQ dapat dimulai setelah ada 6 siswa mendaftar. Siswa tersebut dapat saja dari level kelas yang sama atau dapat juga dari kelas yang berbeda (TK, 1 SD, 3 SD, dan lain-lain). Dengan pengaturan jadwal yang tepat, maka ruang kelas tersebut akan mampu menampung sekitar 100 siswa.
  • “Bagaimana perhitungan dan analisis kelayakan bisnis untuk pembukaan cabang kursus Matematika APIQ? Dan bagaimana sistem bagi hasilnya?
    Jawab: Perhitungan Kelayakan Bisnis (feasibility study) pembukaan cabang APIQ menggunakan asumsi bahwa cabang hanya mempunyai 1 ruang kelas ukuran 20 m persegi (sekitar 4m x 5m). Dengan 1 ruang kelas ini, cabang bisa menampung sebanyak 100 siswa. 

    PERHITUNGAN PENDAPATAN CABANG  

    Asumsi: Jumlah siswa 100 orang, SPP Rp. 175.000/bulan & Biaya Pendaftaran Rp. 250.000

    SPP (Rp. 175.000 x 12 bulan x 100 siswa) 210.000.000
    Pendaftaran (Rp. 250.000 x 100 siswa) 25.000.000
    Total Pendapatan 235.000.000
    Hak Royalti APIQ Pusat (8,1% x Rp. 235.000.000) 37.010.000
    Hak Cabang (91,9% x Rp. 235.000.000) 197.990.000

    Sumber pendapatan cabang adalah dari SPP dan Biaya pendaftaran. Dalam perhitungan diatas, SPP dihitung Rp.175.000 per bulan. Ini adalah angka minimal pengenaan SPP, karena dalam prakteknya SPP bisa bervariasi antara Rp 175.000 -  Rp. 225.0000 (tergantung daerah). Sebagaimana bisa anda lihat, total pendapatan adalah Rp. 235.000.000 untuk 100 orang siswa selama 12 bulan. Dari total ini, sharing (bagi hasil) dalah 8,1% untuk pusat sebagai Royalty Fee dan sisanya (Rp.197.990.000) adalah hak cabang sepenuhnya. Jika asumsi ini bisa tercapai maka BEP (break event point) atau balik modal investasi bisa dicapai hanya dalam tempo 1 tahun.

    Cabang menanggung biaya operasional penyediaan fasilitas belajar seperti lembar kerja dan lain-lain.

  • “Apa saja hak dan kewajiban masing-masing pihak?
    Jawab: Secara umum, kewajiban cabang adalah melaksanakan operasional APIQ di cabang, marketing/sales di wilayahnya, menciptakan komunitas orang tua siswa. Kewajiban pusat adalah mendukung seluruh program cabang, menjamin kualitas seluruh silabus, materi, dan kurikulum APIQ. Berinovasi terus-menerus untuk menghasilkan Matematika Kreatif terbaru, dan lain-lain. Hak cabang atau pusat adalah memperoleh bagi hasil sesuai kesepakatan. Untuk lebih detil hak dan kewajiban, dapat kita lihat pada draft Perjanjian Kerja Sama APIQ.

Bagi yang berminat bisa menghubungi kami disini




Leave a Reply

Email Subscribtion

LANGGANAN ARTIKEL
Update Dikirim ke email Anda

Visitor Traffic