subscribe
Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif
Call Us: +6281.822.0898

Keistimewaan APIQ

Metode Pembelajaran di APIQ memang didesain secara istimewa, lain dari yang lain. Sangat inovatif dan kreatif sehingga membuat semua anak didik APIQ akan ketagihan belajar matematika. Mereka menguasai matematika tidak saja dalam hal kemampuan berhitung cepat, tetapi yang lebih penting adalah mereka memahami konsep dasar dari matematika itu sendiri. Dan tentunya hal itu sangat baik bagi prestasi mereka di sekolah, maupun di masa depannya.

Tidak seperti di lembaga-lembaga bimbingan belajar pada umumnya yang hanya mengajarkan ulang pelajaran di sekolah, APIQ menerapkan silabus kurikulum tersendiri dengan tetap mengacu pada kurikulum sekolah, dan mengajarkannya kepada siswa dengan metode yang khusus. Di kelas APIQ, tidak ada pengulangan pelajaran sekolah karena hal tersebut bisa beresiko membuat anak didik menjadi jenuh dan frustasi. Namun demikian, setelah mengikuti pembelajaran di kelas APIQ, terbukti siswa tidak akan kesulitan memahami pelajaran di sekolah.

KELEBIHAN METODE PEMBELAJARAN APIQ

Lembar Kerja Terstandar

Kunci menguasai suatu ilmu adalah disiplin, karena itulah masalah kedisiplinan ini sangat mendapat fokus di APIQ. Standardisasi lembar kerja (standared worksheet) adalah salah satu upaya membentuk kedisiplinan kepada anak didik. Lembar kerja  ini menjadi keharusan bagi setiap siswa untuk mengerjakannya. Tak satu pun yang boleh terlewat. Materi disusun secara sistematis sedemikian rupa sehingga setiap peserta didik akan berhasil meningkatkan penguasaan matematika secara bertahap tanpa merasa stres atau terbebani.

Lembar kerja (worksheet) APIQ sampai saat ini adalah sekitar 10.000 lembar yaitu Worksheet A11 sampai dengan Worksheet M17. Dimana Worksheet kode A sampai kode E adalah untuk tingkat dasar, Worksheet kode F sampai kode L untuk tingkat menengah, sedang Worksheet kode M1 sampai kode M17 adalah untuk tingkat lanjut. Untuk lebih detail, bisa dilihat di Silabus Kurikulum. Dalam proses pengajarannya, setiap siswa diwajibkan mampu mengerjakan setiap lembar kerja tanpa ada satupun jawaban salah. Ini untuk memastikan bahwa materi telah dikuasainya 100%.

Metode Belajar Kreatif & Inovatif

Salah satu keistimewaan APIQ adalah penggunaan metode yang sangat unik dan tentu saja kreatif, yaitu model bermain sambil belajar. Siswa-siswa APIQ praktis tidak akan mengalami kejenuhan dalam belajar karena memang mereka serasa sedang bermain. Selama permainan itu, tanpa mereka sadari, kemampuan matematikanya meningkat dengan pesat.

Di setiap sesi pembelajaran, siswa akan berpetualang bersama matematika kreatif. Anak-anak akan mendapatkan tantangan kreatif sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Tantangan kreatif ini akan memicu berkembangnya kreativitas anak-anak di bidang matematika maupun di bidang yang lain. Untuk kebutuhan ini, APIQ telah mempersiapkan lebih dari 300 macam permainan matematika kreatif untuk semua tingkatan siswa.

Pendekatan Personal

Di APIQ, setiap anak akan mendapatkan materi pelajaran sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Guru telah mengenali dan mencatat kemampuan setiap siswa sehingga guru dapat membantu belajar siswa secara personal – individu per individu. Dapat saja dua orang siswa memiliki tingkat kelas yang sama di sekolah tetapi mimiliki level belajar yang berbeda di APIQ. APIQ akan memberikan bahan ajar sesuai tingkat kemampuan masing-masing siswa.

Pebimbing atau guru di APIQ selalu siap membantu siswa sesuai jadwal untuk mendukung siswa menjadi mandiri, berkolaborasi, dan kreatif. Guru di APIQ memiliki catatan detil perkembangan siswa orang per orang, waktu demi waktu. Komunikasi dan konsultansi antara guru – orang tua pun sangat intens dilakukan untuk memastikan proses belajar anak bisa berjalan secara baik.

Alat Peraga Pendukung Belajar

Alat peraga mutlak diperlukan untuk memudahkan siswa memahami matematika secara konseptual (bukan sekedar hitung-hitungan cepat).  Matematika bukanlah sekedar angka. Tapi sesuatu yang riel (nyata). Karenanya, siswa harus dipahamkan dan ditunjukan secara nyata pula bagaimana sebuah angka matematika diperoleh. Dengan alat peraga belajar, siswa-siswa APIQ terbukti lebih mudah memahami matematika.

Siswa APIQ dapat memanfaatkan tool (alat) peraga edukatif APIQ baik yang non-digital maupun digital. Tool edukatif non-digital berupa onde milenium, kartu milenium, kartu ular angka, dadu milenium, super marble, bintang aritmetika, dan lain-lain.  Sedangkan tool edukatif digital berupa program power point animasi matematika kreatif APIQ, multimedia APIQ, dan lain-lain. Detail alat peraga ini bisa anda lihat di Alat Peraga Belajar.

SUASANA BELAJAR DI KELAS APIQ

1. Permainan Kreatif

Mula-mula, anak akan disambut ramah oleh pembimbing. Anak kemudian mengambil tempat duduk yang paling nyaman sembari menerima tantangan game matematika kreatif. Karena game kreatif ini sudah disesuaikan dengan kemampuan siswa maka biasanya siswa akan dengan senang hati memecahkan tantangan game kreatif itu. Game kreatif APIQ mengajak anak untuk kolaborasi kreatif dengan teman-teman. Setelah pikiran anak bertambah kreatif maka ia akan menerima tantangan berikutnya: matematika disiplin.

2. Menyelesaikan Lembar Kerja

Matematika disiplin ini berupa lembar kerja standar APIQ yang telah secara khusus disiapkan sesuai kemampuan siswa tersebut.  Lembar kerja APIQ ini membimbing anak belajar secara mandiri dengan penuh disiplin. Dan terbukti, kemampuan dan kecerdasan matematika siswa akan meningkat tahap demi tahap.

Selanjutnya, siswa akan belajar matematika dengan variasi matematika kreatif dan matematika disiplin. Siswa juga belajar dengan variasi belajar mandiri dan belajar kolaboratif dengan teman-teman.

3. Evaluasi

Setelah selesai mengerjakan, lembar kerja diserahkan kepada pembimbing untuk diperiksa dan diberi nilai. Sementara lembar kerjanya dinilai, anak berlatih dengan alat bantu belajar kreatif APIQ.

Setelah lembar kerja selesai diperiksa dan diberi nilai, pembimbing mencatat hasil belajar hari itu pada “Kartu Perkembangan Siswa”. Hasil ini nantinya akan dianalisa untuk penyusunan program belajar berikutnya. Bila ada bagian yang masih salah, anak diminta untuk membetulkan bagian tersebut hingga semua lembar kerjanya memperoleh nilai 100. Tujuannya, agar anak menguasai pelajaran dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

4. Latihan Lisan

Setelah selesai, anak -anak mengikuti latihan secara lisan. Biasanya berupa latihan berhitung cepat yang tidak memerlukan alat tulis untuk bantuan menghitung.

Sebelum pulang, pembimbing memberikan evaluasi terhadap pekerjaan anak hari itu dan memberitahu materi yang akan dikerjakan anak pada hari berikutnya.

Demikianlah secara garis besar suasana belajar di kelas-kelas APIQ. Anak belajar dengan cara yang kreatif dan semua berlangsung dengan suasana fun, menyenangkan, dan bersemangat. Diawal dan diakhir waktu belajar, mereka secara kompak dengan penuh semangat meneriakan yel-yel, “Matematika kreatif, Matematika asyik… Belajar matematika bersama Paman Apiq.”




5 Comments to “Keistimewaan APIQ”
  1. Kalo alat, PPT dan game kreatif yang cocok untuk mengajarkan pengenalan konsep pecahan untuk kelas 3 SD yang berjumlah 25 orang apa ya?

  2. Di medan sudah ada cabang apiq?

    • Di Medan belum ada.
      Bila ada yang minat kerja sama mengembangkan APIQ kami siap mendukung.

      Terima kasih Aditya.

  3. Mohon info :
    - Cabang APIQ di Bandung selain di kawasan gegerkalong.
    - Biaya franchise mengapa sangat mahal ?
    Terima kasih.

  4. Salam,

    Untuk di Bandung silakan mampir ke APIQ Antapani Jl Pratista Raya no 81 atau Pondok Mutiara II no 14 Cimahi.

    Biaya franchise tergolong murah.
    Apalagi bila kita kaji lebih jauh dengan beragam program-program unggulannya.

    Terima kasih…

Leave a Reply

Email Subscribtion

LANGGANAN ARTIKEL
Update Dikirim ke email Anda

Visitor Traffic